Rabu, 23 November 2011

RENDANG PERINGKAt 1 MAKANAN TERLEZAT DIDUNIA, NASI GORENG PERINGKAT KE 2 & SATE PERINGKAT 14.

Fakta ini diperoleh setelah situs CNNGo.com merilis daftar 50 makanan terlezat didunia (World’s 50 Most Delicious Foods) pada juli lalu. Urutannya adalah sebagai berikut :
1.       Rendang, Indonesia
Makanan ini menggunakan bahan dasar santan dan daging sapi, yang direbus perlahan dengan campuran bumbu serai, lengkuas, bawang putih, kunyit, jahe dan cabai. Setelah mendidih, apinya dikecilkan dan terus diaduk hingga santan mengental dan menjadi kering. Rendang biasa ditemukan di rumah makan Minang dan seringkali disajikan dalam acara-acara ceremonial.
2.       Nasi Goreng, Indonesia
Darimana sebenarnya asal nasi goreng? Indonesia, china atau thailand? Entahlah, yang pasti nasi goreng indonesialah yang menempati urutan kedua pada daftar ini. Sedangkan nasigoreng Thailand ada di urutan ke 24. Pada dasarnya, nasi goreng terdiri atas nasi, telur, dan suwiran ayam goreng. Makanan ini sangat mudah diolah, tidak heran Indonesia ada beragam jenis nasi goreng.
3.       Sushi, Jepang
Bagaimana Jepang mengolah ikan dan nasi menjadi begitu lezat itulah yang membuat sushi menjadi salah satu makanan favorit masyarakat dunia. Ikan mentah tak kehilangan kesegarannya, dan ketika dikombinasikan dengan sayuran seperti mentimun, rasanya memang menyatu sempurna di lidah. Tak hanya lezat, sushi juga kerap dirangkai dengan begitu artistik sehingga mudah menggungah selera siapa saja.
4.       Tom Yam Goong, Thailand
Sup yang segar ini menggunakan bahan udang, jamur, tomat, serai, lengkuas, dan daun jeruk purut. Rasanya yang asam, asin, manis dan pedas, memang membuatnya disukai banyak orang. Udang memang bahan yang paling sering digunakan, tetapi ada juga tom yang memakai ayam, ikan dan campuran makanan laut lainnya.
5.       Pad Thai, Thaland
Mirip dengan Bulgogi, makanan Korea yang menempati urutan ke 23, Pad Thai merupakan hidangan kaya nutrisi yangdisatukan menjadi satu sajian mi goreng yang mewah. Rahasianya ada pada saosnya, yang merupakan adonan asam jawa.
6.       Som Tam, Thailand
Som Tam adalah salad Thailand yang menggunakan bahan utama pepaya. Untuk membuat salad ini, anda perlu menyiapkan bahan lain, seperti bawang putih dan cabai yang ditumbuk dengan lumpang dan ulekan. Kemudian, air asam jawa, saus ikan, kacang, udang kering, tomat, air jeruk, adonan tebu, kacang buncis dan segenggam parutan pepaya hijau.
7.       Dim Sum, Hong Kong
Dim Sum menjadi populer karena bisa dinikmati oleh siapa saja, dari anak-anak, orang tua, masyarakat lokal maupun turis. Bentuknya yang kecil bisa dimakan dalam sekali suap, dan karenanya membuat orang tak akan pernah puas menyantap satu porsi saja.
8.       Ramen, Jepang
Konon, orang Jepang mengatakan, semakin lezat remen atau hidangan mi yang anda nikmati, anda harus menyeruput kuah kaldunya dengan  lebih keras untuk menghormati juru masaknya. Ada berbagai macam cita rasa ramen, dari tekstur mi-nya, topping-nya, bumbu-bumbu, dan terutama kaldunya. Hanya dari kuah kaldunya saja kita bisa menilai betapa “jenius” sang juru masak.
9.       Peking Duck, China
Bebek dipanggang perlahan di dalam oven, sehingga menghasilkan daging yang empuk dan kulit yang renyah. Begitu kaya cita rasa kulitnya, sehingga banyak rumah makan menyajikan lebih banyak kulit daripada dagingnya. Bahkan ada sajian khusus berupa crepe isi kulit bebek peking, daun bawang, dan saos hoisin yang manis.
10.   Massaman Curry, Thailand
Hidangan kari yang pedas, bersantan, manis dan gurih. Biasanya menggunakan daging sapi, tetapi sering juga memakai ayam, bebek atau tahu. Selain itu, masakan ini berisi kacang panggang, kentang yang dimasak dengan daun salam, saus ikan, kapulaga, gula aren, adas dan saus asam jawa, serta berbagai rempah-rempah dari indonesia seperti kunyit, cengkih, jinten dan pala.
11.   Lasagna, Italy
12.   Kimchi, Korea
13.   Chicken Rice, Singapore
14.   Sate, Indonesia
15.   Ice Cream, United States
16.   Kebab, Turkey
17.   Gelato, Italy
18.   Croissant, France
19.   Green Curry, Thailand
20.   Pho, Vietnam
21.   Fish n Chips, England
22.   Egg Tart, Hong Kong
23.   Bulgogi, Korea
24.   Fried Rice, Thailand
25.   Chocolate, Mexico
26.   Penang Assam Laksa, Malaysia
27.   Tacos, Mexico
28.   Barbeque Pork, Hong Kong
29.   Chili Crab, Singapore
30.   Cheeseburger, United States
31.   Fried Chicken, United States
32.   Lobster, Global
33.   Seafood Paella, Spain
34.   Shrimp Dumpling, Hong Kong
35.   Neapolitan Pizza, Italy
36.   Moo Nam Took, Thailand
37.   Potato Chips, United States
38.   Warm Brownie and Vanilla Ice Cream, Global
39.   Masala Dosa, India
40.   Bibimbap. Korea
41.   Galbi, Korea
42.   Hamburger, Germany
43.   Fajitas, Mexico
44.   Laksa, Singapore
45.   Roti Prata, Singapore
46.   Maple Syrup, Canada
47.   Fettucini Alfredo, Italy
48.   Parma Ham, Italy
49.   Lechon, Philiphines
50.   Goi Cuon, Vietnam

Sorce : NoellaCarolynee@kaskus

  

0 komentar:

Posting Komentar